CHERRY GUAVA

Sungguh baru beberapa hari ini tau bahwa bibit pohon ini bukan seperti yang dijanjikan oleh penjualnya pada saya (dan orang lain). Karena terlalu ingin memiliki pohon apel, saat dipaparkan bahwa itu adalah pohon apel dataran rendah dan daerah tertentu sudah dikebunkan, maka jadilah saya beli 2 batang "apel" tadi.
Berminggu, berbulan berlalu
tidak juga kunjung berbunga. Karna ketidakjelasan ini, saya ambil kesimpulan untuk memindahkannya ke dalam tanah langsung, dengan harapan bilapun tidak berbuah, pohonnya cukup meneduhkan.
Akhirnya setelah hampir 1,5 tahun berlalu, pohonpun mulai mengeluarkan putik bunga (belum mekar). saat googling di internet, ada foto pohon yang tampak hampir sama dengan bibitku ini, namanya cocky apple. Berhubung ada nama apple pada pic name gambar tersebut, sedikit terhiburlah hati ini, hingga saya dan keluarga turut membersihkan gulma disekitar tanaman.
Kemarin saat melanjutkan browsing, saya menemukan sumber yang agak lebih bisa dipercaya, di tamanbunton.blogspot.com. Disana tampak 2 buah foto yang daun dalam foto itu sangat mirip dengan "apple" saya itu. Namun blog tersebut sudah memberi nama pada bibit jenis itu dengan nama strawberry guava dan yellow guava. Maka informasi ini sangat berharga buat saya sebagai bahan referensi berikutnya, walaupun saya belum tahu tanaman saya itu berjenis strawbwrry guava atau yellow guava.

KESIMPULAN : BERHASIL HIDUP dan BERBUAH di Aceh

Kalo berbuah mungkin kayak gini ni :
See where I copy the photo
atau juga mungkin kayak gini :
See where I copy the photo

2 komentar:

  1. iya sama saya jg punya pohon gt sekarang berbuah tp bunganya kaya bunga terompet

    BalasHapus