ZAITUN

Memang saat ini sedikit sulit menemukan bibit pohon zaitun, tapi alhamdulillah berkat dua orang kolektor zaitun mau menjualnya (dengan harga yg fair). Satu batang berukuran 1,8 meter dan satu lagi berukuran 1,1 meter.

Harga memang sebanding dengan kelangkaannya, namun bukan berarti tidak beresiko. Rusak dalam pengiriman telah berhasil dilalui tanpa kendala. Selanjutnya penanaman menjadi sedikit terkendala karena areal untuk penanaman pohon di halaman rumah sangat terbatas. Setelah lama terkukung dalam polibag besar, akhirnya kedua pohon turun tanah.
Zaitun 1,8 meter menempati tanah dalam cincin sumur, sedangkan Zaitun 1,1 meter langsung kedalam tanah (dengan penambahan pupuk tentunya). Setelah setahun berlalu zaitun 1,8 meter hanya menjadi 2 meter, namun menjadi sangat rimbun di bagian tengah. Berbeda halnya dengan zaitun 1,1 meter menjadi 1,5 meter, namun tidak bertambah rimbun.
Selang 6 bulan berikutnya, zaitun A (2 meter) menjadi lebih rimbun, dan zaitun B (1,5 meter) berubah rimbun. Tampaknya perkembangan zaitun B sedikit terhambat akibat akarnya terlalu cepat "berjumpa" dengan tanah timbunan.
Sementara menunggu tumbuh kembang berikutnya, kalau ada rekan-rekan yang tahu cara menyiasati agar zaitunku ini bisa berbuah, silahkan dikomen ya.

KESIMPULAN : BERHASIL HIDUP di Aceh

Jual  Bibit Pohon Zaitun 1
Jual  Bibit Pohon Zaitun 2 

Kalau pohon zaitun berbunga kayak gini ni :
go to website of photo

7 komentar:

  1. Memang tanaman zaitun adalah tanaman langka di Indonesia, jadi saya memakluminya kalau anda sangat menginginkan tanaman ini tumbuh sempurna. Tanaman ini sebetulnya tidak terlalu sulit dalam hal pemeliharaan, asal keadaan media tanah tempat dia tumbuh cukup baik (artinya subur, tidak lembab, tidak ada jamur)akan mudah bagi tanaman ini tumbuh rimbun. Namun tetap kita harus memperhatikannya mngenai hama dan penyakit yang mungkin timbul. Untuk tanaman zaitun, yang saya ketahui dia baru berbuah setelah umur 4 atau 5 tahun ke atas. Jadi kalau tanaman anda masih umur 2 atau 3 tahun, masih belum berbuah. Kalau sekedar mau mencoba anda bisa menggunakan perangsang buah yang banyak dijual dipasaran dengan berbagai merek, coba anda tanya ke pedagang pupuk.

    BalasHapus
  2. Salam, Kami menjual pohon zaitun atau olive tree, kami juga menjual pohon tin / pohon ara / figs. Silakan buka web kami di http://pohontin.wordpress.com hubungi kami di nomor HP 0852-30788-450 (call/SMS)



    Terima kasih,
    –Hartono Abdul Halim

    BalasHapus
  3. saya baru memeliharanya...semoga nanti juga berbuah

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. bikin komunitas zaitun rumahan yuks

    BalasHapus
  6. Kak ada gak si yg harga pohon zaitun itu lumayan murah, saya rencananya mau mencoba menanam pohon zaitun, cuman karena saya masih sekolah dan belum kerja membuat saya frustasi bisa memiliki pohon zaitu

    BalasHapus
  7. Saya memiliki 2 pohon zaitun.kira tinggi pohon 3 MTR lebih.dan usia sudah kurang lebih 5thn pohon lumayan subur tpi knp blm berbuah.smpe saat ini sy hanya bisa bersabar nunggu berbuah

    BalasHapus