JAMBU KLUTUK MERAH

Pohon ini merupakan titik awal kesukaan saya terhadap tanaman unik. Dengan mengeluarkan dana 140 ribu perak, penjualnya di lhokseumawe baru rela menjualnya (sedikit mahal karna sudah pernah berbuah). Memang saat itu belum banyak yang mencari tanaman-tanaman seperti ini (baca : unik), namun hal inilah yang saya lihat sebagai motivasi dan celah bisnis.
Walaupun sampai dirumah, pohon ini tidak langsung kutanam di tanah tapi di pot yang lebih besar, dengan harapan bisa tetap hidup dan juga berbuah. Tak begitu lama, muncul bunga disana-sini, alhamdulillah, berarti pohon ini memang bisa berbuah di tempatku tanpa perlakuan khusus. Selanjutnya banyak bunga yang berguguran, namun masih ada yang bertahan dan jadi buah. Lama dalam pemantauan, akhirnya buah itupun masak. Tapi memang saya sedikit kecewa karena buahnya tidak sebesar yang saya harapkan, hanya berukuran diameter 7 cm. Mungkin ini karena kurangnya unsur hara dalam media tanam pot itu.
Tak lama kemudian iapun tuurun tanah. Walau tidak kupantau setiap hari lagi, tapi pohonnya berkembang luar biasa dan berbunga serta jadi buah dengan tingkat kerontokan sekitar 25 %. Bunga yang keluar sangat banyak karena tiap 20 cm cabangnya kugunting, hingga sangat banyak muncul ranting-ranting dan calon bunga. Lalu ranting yang tumbuh setelah tempat bunga semuanya kugunting, hingga tampaklah tiap ranting punya bunga.

KESIMPULAN : BERHASIL HIDUP dan BERBUAH di Aceh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar